Daftar Negara Dengan Pengakuan Terbatas

Daftar negara dengan pengakuan terbatas memberikan suatu gambaran mengenai entitas geopolitik saat ini, yang ingin diakui sebagai negara berdaulat di bawah hukum internasional namun tidak atau belum mendapatkan pengakuan diplomatik dunia secara penuh.

Entitas seperti ini secara umum terbagi ke dalam dua kategori. Pertama, entitas yang memiliki penguasaan penuh atau sebagian atas wilayah yang diklaimnya yang memerintah sendiri secara de facto dan telah menyatakan suatu keinginan untuk merdeka penuh. Kedua, entitas yang tidak memiliki penguasaan penuh atas wilayah yang diklaimnya, tetapi diakui memiliki klaim de jure atas wilayahnya oleh setidaknya satu negara lain yang diakui secara luas. Beberapa negara dalam daftar ini, seperti Siprus dan Republik Korea, diakui oleh mayoritas negara-negara lain dan merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi dimasukkan ke dalam daftar ini karena sejumlah kecil negara lain menarik pengakuannya.

Lihat daftar historis negara yang tidak diakui untuk entitas seperti ini yang ada pada masa lalu. Lihat daftar pemerintahan dalam pengasingan untuk pemerintahan yang tidak diakui dan tidak memilik penguasaan atas wilayah yang diklaimnya.

Ada 192 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahta Suci diakui berdaulat menurut hukum internasional, tetapi tidak menjadi anggota PBB (berstatus sebagai negara pengamat).

Somaliland dipersengketekan sejak tahun 1991. Tidak ada negara yang mengakui Somaliland merdeka secara de jure dari Somalia.

Diakui hanya oleh non-anggota PBB

Quote:

Transnistria Dipersengketakan sejak tahun 1990. Kemerdekaan Transnistria diakui oleh Abkhazia dan Ossetia Selatan. Seluruh negara anggota PBB mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Moldova.

Quote:

Nagorno Karabakh dipersengketakan sejak tahun 1991. Hanya Transnistria yang mengakui kemerdekaan Nagorno Karabakh. Seluruh Negara mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Azerbaijan

Non-anggota PBB diakui oleh setidaknya satu anggota PBB

Quote:

Abkhazia dipersengketakan sejak tahun 1992. Kemerdekaan Abkhazia diakui oleh dua negara anggota PBB, Rusia dan Nikaragua dan dua negara non-anggota PBB, Ossetia Selatan dan Transnistria. Seluruh negara anggota PBB lainnya mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Georgia.

Quote:

Republik Cina (Taiwan) dipersengketakan sejak tahun 1949. Republik Rakyat Cina (RRC) dan Republik Cina mendukung Kebijakan Satu Cina yang menyatakan bahwa Cina secara de jure merupakan suatu entitas berdaulat tunggal yang meliputi wilayah yang saat ini berada di bawah penguasaan RRC dan RC. RC diakui sebagai satu-satunya pemerintahan Cina yang sah oleh 22 negara anggota PBB dan Tahta Suci. Berdasarkan Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 2758, RRC merupakan satu-satunya pemerintahan Cina yang sah, suatu posisi yang juga diambil oleh negara anggota PBB lainnya. Banyak negara memiliki hubungan tidak resmi dengan RC.

Quote:

Kosovo dipersengketakan sejak tahun 2008. Kemerdekaan Kosovo diakui oleh 62 negara anggota PBB, Republik Cina (Taiwan), dan beberapa organisasi internasional. Seluruh negara anggota PBB lainnya mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Serbia. PBB telah mengelola administasi wilayah ini sejak 1999 melalui United Nations Interim Administration Mission in Kosovo, dengan kerja sama dari Uni Eropa sejak 2008. Berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 1244, Kosovo tetap merupakan bagian dari Republik Federal Yugoslavia (dimana Serbia merupakan negara penerusnya), menunggu suatu penyelesaian politik untuk menentukan status akhirnya.

Quote:

Republik Turki Siprus Utara dipersengketakan sejak tahun 1983. Kemerdekaan Siprus Utara diakui oleh satu negara anggota PBB, Turki. Seluruh negara anggota PBB lainnya mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Siprus. Organisasi Konferensi Islam memberikan status pengamat kepada Siprus Utara.

Quote:

Palestina dipersengketakan sejak tahun 1988. Negara Palestina diakui oleh 93 negara anggota PBB, Tahta Suci, Liga Arab, dan Organisasi Konferensi Islam, setelah Deklarasi Kemerdekaan Palestina oleh Organisasi Pembebasan Palestina. Misi Palestina memiliki status diplomatik atau khusus di 22 negara anggota PBB lainnya dan Uni Eropa. Israel tidak mengakui negara Palestina. Akan tetapi, sebagai hasil dari Persetujuan Damai Oslo dan Persetujuan Sementara Israel-Palestina, pemerintah Israel telah mengalihkan kekuasaan tertentu dan tanggung jawab pemerintahan sendiri kepada Otoritas Nasional Palestina, yang berlaku di wilayah Tepi Barat dan jalur Gaza. PBB mengakui Palestina sebagai entitas non-anggota dengan status pengamat.

Quote:

Republik Demokratik Arab Sahrawi (RDAS) dipersengketakan sejak tahun 1976. Sahara Barat merupakan subyek dari berbagai klaim yang saling bertentangan: Maroko mengklaim seluruh wilayahnya dan menduduki sebagian besarnya, sementara Republik Demokratik Arab Sahrawi (RDAS) hanya menguasai Zona Bebas tetapi juga mengklaim kedaulatan penuh atas seluruh wilayahnya. Kemerdekaan Sahara Barat di bawah kedaulatan RDAS diakui oleh 49 negara anggota PBB dan Uni Afrika. Sahara Barat diakui sebagai bagian de jure dari Maroko oleh 25 negara anggota PBB dan Liga Arab. Seluruh negara anggota PBB lainnya tidak mengakui kedua negara memiliki otoritas de jure atas wilayah tersebut; wilayah tersebut termasuk dalam Daftar Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Wilayah Tanpa Pemerintahan Sendiri sejak dimasukkan pada 1960-an sebagai Sahara Spanyol.

Quote:

Ossetia Selatan dipersengketakan sejak tahun 1991. Kemerdekaan Ossetia Selatan diakui oleh dua negara anggota PBB, Rusia dan Nikaragua dan dua negara non-anggota PBB, Abkhazia dan Transnistria. Seluruh negara anggota PBB lainnya mengakui wilayahnya sebagai bagian de jure dari Georgia.

Negara anggota PBB, tidak diakui oleh setidaknya satu negara lain

Quote:

Republik Rakyat Cina (RRC) dipersengketakan sejak tahun 1949. Republik Rakyat Cina tidak diakui oleh Republik Cina. Karena Kebijakan Satu Cina, RRC tidak diakui oleh 22 negara anggota PBB yang mengakui RC, dan juga Tahta Suci.

Quote:

Siprusdipersengketakan sejak 1974. Siprus tidak diakui oleh satu negara anggota PBB, Turki, dan satu negara non-anggota PBB, Siprus Utara, dimana keduanya merujuk Siprus sebagai “Güney Kıbrıs Rum Kesimi”, Bagian Yunani dari Siprus Selatan.

Quote:

Israel dipersengketakan sejak tahun 1948. Israel tidak diakui oleh negara-negara anggota PBB berikut: Arab Saudi, Indonesia, Iran, Irak, Republik Demokratik Rakyat Korea, Kuba, Kuwait, Lebanon, Libia, Malaysia, Pakistan, Sudan, Suriah, dan Yaman, serta satu negara non-anggota PBB, Republik Demokratik Arab Sahrawi. Israel diakui oleh Organisasi Pembebasan Palestina, yang mengklaim hak untuk membentuk suatu negara di wilayah yang saat ini diduduki oleh Israel.

Quote:

Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) dipersengketakan sejak tahun 1948. Republik Demokratik Rakyat Korea tidak diakui oleh Jepang dan Republik Korea.

Quote:

Republik Korea (Korea Selatan) dipersengketakan sejak tahun 1948. Republik Korea tidak diakui oleh Republik Demokratik Rakyat Korea.
Liechtenstein Dipersengketakan sejak tahun 1993. Liechtenstein tidak diakui oleh Slowakia karena penolakannya untuk mengakui Slowakia atas sengketa penerapan Beneš decrees.

Quote:

Slowakia dipersengketakan sejak tahun 1993. Slowakia tidak diakui oleh Liechtenstein karena sengketa atas penerapan Beneš decrees.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s